Fungsi manajemen ada empat, yaitu : Perencanaan (Planning) , Pengorganisasian (Organizing), Memimpin (Leading), dan Pengendalian (Controlling). Berikut adalah penjelasan dari masing-masing fungsi manajemen tersebut.
Perencanaan (Planning)
Planning sesuai dengan namanya merupakan proses untuk membuat sasaran, tujuan dan juga menetapkan rangkaian kegiatan yang seharusnya dilakukan untuk mewujudkan tujuan. Manajer harus mampu untuk menentukan dan mengidentifikasi pekerjaan sebelum benar-benar dilaksanakan. Kegiatan ini juga menciptakan strategi terbaik untuk mengembangkan sub-rencana.
Pengorganisasian (Organizing)
Suatu proses untuk menentukan tugas, alokasi sumber daya, dan mengkoordinasi aktivitas kerja. Manajer harus mampu menentukan tugas dan jabatan masing-masing sumber daya manusia. Aktivitas ini butuh koordinasi yang baik dari atasan maupun bawahan.
Memimpin (Leading)
Sebagai manajer, tentu saja memimpin adalah suatu hal yang penting. Membangkitkan semangat bekerja dan upaya memberi inspirasi bawahan untuk bekerja maksimal mencapai sasaran dan tujuan. Butuh pendekatan personal untuk mewujudkan proses leading dalam kehidupan nyata dan tentunya apabila sudah bekerja dengan baik ada insentif untuk menjaga semangat bawahan.
Pengendalian (Controlling)
Setelah semua langkah diatas berjalan, tentunya harus ada kegiatan pengendalian agar arah sasaran dan tujuan tetap pada jalannya. Pengendalian merupakan proses untuk mengukur kinerja dan menentukan kegiatan guna memastikan hasil tercapai maksimal. Keberhasilan seorang manajer dapat dilihat dari tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
Itulah fungsi-fungsi manajemen, sebagai manajer yang baik Anda perlu banyak belajar dari ke empat fungsi tersebut agar tetap terarah dengan baik. (flx)